RESUME JURNAL 4 PENELITIAN PENDIDIKAN

“A systematic evaluation of token economies as a classroom
management tool for students with challenging behavior”
(Evaluasi Sistematis Token Ekonomi
Sebagai Teknik Manajemen Perilaku Siswa ADHD di Kelas)


Oleh :
Daniel M. Maggin, Sandra M. Chalfouleas, Katelyn M. Goddard, and Austin H. Johnson

Tinjauan sistematis dua bagian dilakukan untuk menilai efektvitas token ekonomi dalam meningkatkan perilaku yang ingin dikembangkan di kelas untuk siswa yang mengalami gangguan dalam mengkondisikan perilaku.
Pendidikan menghadapi berbagai tantangan mengenai perilaku siswa. Siswa yang mengalami masalah perilaku akan mengalami kesulitan dalam pembelajaran di kelas sehingga berdampak negatif terhadap pembelajaran di kelas. Untuk secara efektif mengatasi masalah perilaku negated saat pembelajaran di kelas, guru maupun personil sekolah yang lain di dorong untukk menerapkan strategi manajemen perilaku yang didasarkan pada riset dan bukti. Dengan demikian, token ekonomi telah diakui sebagai salah satu teknik yang efektif untuk mengatasi masalah perilaku.

A.  Definisi Token Ekonomi
Token ekonomi adalah sebuah sistem manajemen perilaku yang memungkinkan para peserta untuk memperoleh token jika melakukan perilaku tertentu (perilaku yang diharapkan), kemudian ditukarkan untuk penguatan cadanggan yang telah ditetapkan. Syarat penting dalam token ekonomi adalah token yang sistematis dan dapat dkaitkan dengan pilihan penguatan. Dengan demikian, token hampir sama dengan mata uang dalam sistem keuangan klasik. Kemampuan menukarkan token untuk memperoleh berbagai pilihan penguatan mengarah pada tanda-tanda yang menjadi reinforcer umum yang positif. Perlu diketahui bahwa standar token ekonomi diselaraskan dengan berbagai komponen dalam program modifikasi perilaku.

B.  Ringkasan dan Tujuan
§  Memilih Strategi
Strategi manajemen kelas yang efektif adalah sebuah keputusan penting yang dihadapi sekolah. Dalam beberapa tahun terakhir, pendidikan telah didesak untuk mengidentifikasi dan melaksanakan strategi-strategi dengan alasan yang kuat. Antara strategi manajemen kelas, token ekonomi telah secara luas dianggap memiliki dukungan empiris yang cukup untuk menjamin fitur yang digunakan dalam pengaturan sekolah untuk mengurangi terjadinya masalah perilaku. Meskipun penelitian mengenai token ekonomi telah dilakukan, implementasi menjadi faktor yang berhubungan dengan kualitas dan efektivitas dari seluruh penelitian.
§  Memilih Metode
Sebelum memilih metode yang digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu mengidentifikasi studi untuk dimasukkan dalam review. Studi menggunakan pusat informasi sumber daya pendidikanndan pencarian yang dilakukan menggunakan kombinasi dari variabel independen, populasi, dan bergantung pada variabel yang menarik.
C.  Hasil
Memberikan gambaran umum mengenai karakteristik subjek, intervensi, dan kualitas metodologis terkait dengan penelitian.








Komentar

Postingan populer dari blog ini

Potret Pendidikan Inklusi Pinggiran

RPS PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA 1-15

pembelajaran tematik, pengertian, hakikat, fungsi, karakteristik bahasa, hakikat pembelajaran bahasa indonesia