RESUME JURNAL 4 PENELITIAN PENDIDIKAN
“A
systematic evaluation of token economies as a classroom
management
tool for students with challenging behavior”
(Evaluasi
Sistematis Token Ekonomi
Sebagai
Teknik Manajemen Perilaku Siswa ADHD di Kelas)
Oleh :
Daniel M. Maggin, Sandra M. Chalfouleas, Katelyn M.
Goddard, and Austin H. Johnson
Tinjauan sistematis dua bagian
dilakukan untuk menilai efektvitas token ekonomi dalam meningkatkan perilaku
yang ingin dikembangkan di kelas untuk siswa yang mengalami gangguan dalam
mengkondisikan perilaku.
Pendidikan menghadapi berbagai
tantangan mengenai perilaku siswa. Siswa yang mengalami masalah perilaku akan
mengalami kesulitan dalam pembelajaran di kelas sehingga berdampak negatif
terhadap pembelajaran di kelas. Untuk secara efektif mengatasi masalah perilaku
negated saat pembelajaran di kelas, guru maupun personil sekolah yang lain di
dorong untukk menerapkan strategi manajemen perilaku yang didasarkan pada riset
dan bukti. Dengan demikian, token ekonomi telah diakui sebagai salah satu
teknik yang efektif untuk mengatasi masalah perilaku.
A. Definisi Token Ekonomi
Token ekonomi adalah sebuah sistem manajemen perilaku yang memungkinkan
para peserta untuk memperoleh token jika melakukan perilaku tertentu (perilaku
yang diharapkan), kemudian ditukarkan untuk penguatan cadanggan yang telah
ditetapkan. Syarat penting dalam token ekonomi adalah token yang sistematis dan
dapat dkaitkan dengan pilihan penguatan. Dengan demikian, token hampir sama
dengan mata uang dalam sistem keuangan klasik. Kemampuan menukarkan token untuk
memperoleh berbagai pilihan penguatan mengarah pada tanda-tanda yang menjadi
reinforcer umum yang positif. Perlu diketahui bahwa standar token ekonomi
diselaraskan dengan berbagai komponen dalam program modifikasi perilaku.
B. Ringkasan dan Tujuan
§ Memilih
Strategi
Strategi manajemen kelas yang
efektif adalah sebuah keputusan penting yang dihadapi sekolah. Dalam beberapa tahun
terakhir, pendidikan telah didesak untuk mengidentifikasi dan melaksanakan
strategi-strategi dengan alasan yang kuat. Antara strategi manajemen kelas,
token ekonomi telah secara luas dianggap memiliki dukungan empiris yang cukup
untuk menjamin fitur yang digunakan dalam pengaturan sekolah untuk mengurangi
terjadinya masalah perilaku. Meskipun penelitian mengenai token ekonomi telah
dilakukan, implementasi menjadi faktor yang berhubungan dengan kualitas dan
efektivitas dari seluruh penelitian.
§ Memilih Metode
Sebelum memilih metode yang
digunakan dalam penelitian, terlebih dahulu mengidentifikasi studi untuk
dimasukkan dalam review. Studi menggunakan pusat informasi sumber daya
pendidikanndan pencarian yang dilakukan menggunakan kombinasi dari variabel independen,
populasi, dan bergantung pada variabel yang menarik.
C. Hasil
Memberikan
gambaran umum mengenai karakteristik subjek, intervensi, dan kualitas
metodologis terkait dengan penelitian.
Komentar
Posting Komentar