RESUME JURNAL 3 PENELITIAN PENDIDIKAN
“Token
Economy: A Systematic Review of Procedural Descriptions”
(Token
Ekonomi : Sebuah Tinjauan Sistematis Deskripsi Prosedural)
Oleh :
Jonathan W. Ivy, James N. Meindl, Eric Overlay, and
Kristen M. Robson
Sistem
token banyak digunakan dalam modifikasi perilaku. Token ekonomi sangat komplek
sehingga adanya analisis deskripsi prosedural dibutuhkan dalam praktik dan
penelitian lebih lanjut. Artikel yang diterbitkan antara tahun 2000-2015 dan
termasuk pelaksanaan token ekonomi di dalam suasana yang diterapkan
diidentifikasi dan ditinjau dengan fokus pada evaluasi dari ketelitian
deskripsi prosedural. Hasilnya menunjukkan bahwa komponen token ekonomi secara
teratur dihilangkan atau dijelaskan dalam istilah yang tidak jelas. Komponen
deskripsi hilang atau samar-samar dapat mempengaruhi praktik dan penelitian di
masa depan.
Token
ekonomi telah digunakan dalam pendidikan khususnya sebagai tehnik modifikasi
perilaku siswa dalam pembelajaran sejak abad ke-19. Kazdin dan Pulaski (1977)
menggambarkan sebuah sistem yang digunakan di Inggris selama revolusi industry
dimana siswa memperoleh poin yang dapat ditukar dengan hadiah kecil, seperti
buku atau mainan. Dalam hal ini, sistem token telah menjadi studi ilmiah dan
mengkondisikan perilaku lebih dari 100 tahun.
A. Komponen
Token Ekonomi
Token ekonomi terdiri dari enam komponen utama (Hackenberg, 2009; Kazdin
& Bootzin, 1972), yaitu :
a.
Target perilaku
b.
Ruangan token
c.
Cadangan reinforcer
d.
Jadwal
e.
Kegiatan
f.
Penguatan
B. Manfaat
Token Ekonomi
Token ekonomi memiliki
sejumlah keuntungan untuk memperkuat perilaku dalam prosedur tertentu. Token
ekonomi dapat diterapkan dengan mudah dalam mencapai target perilaku, token
reinforcer yang relative bebas, token dapat dikondisikan sebagai reinforcer
untuk banyak individu yang berbeda, serta dapat disesuaikan dengan penguatan.
C. Prosedur
Deskripsi Token Ekonomi
Meskipun masing-masing dari
enam komponen hadir dalam sistem token, dalam praktek dan penelitian dapat
menjelaskan hanya beberapa komponen saja. Prosedur deskrispsi yang lengkap
dalam penelitian dapat mempengaruhi praktek. Praktek berusaha untuk
mengembangkan dan mengimplementasikan program didasarkan pada penelitian yang
berisi deskripsi prosedural yang lengkap.
D. Alasan dan
Tujuan
Ada beberapa literatur ulasan ada token ekonomi selama beberapa dekade.
Sebagian besar dari tinjauan ini telah berfokus pada membangun keaktifan sistem
token dengan berbagai populasi. Tinjauan lain telah memeriksa masalah dan
hambatan implementasi token ekonomi. Kazdin 1982; Kazdin & Bootzin 1972)
telah mendokumentasikan sejarah dan pengembangan teknik token ekonomi.
E. Hasil
Beberapa peneliti tidak menyadari bahwa token ekonomi terdiri dari enam
komponen-komponen penting. Ada kemungkinan bahwa beberapa peneliti hanya
menghadirkan beberapa komponen yang lebih menonjol karena mereka umumnya tidak
menyadari komponen lain yang kurang menonjol. Jika masalah ini terus berlanjut,
maka dari waktu ke waktu akan memungkinkan token ekonomi menjadi kurang efektif
sebab masing-masing komponen diabaikan.
F. Kesimpulan
Deskripsi penuh dan lengkap diperlukan para peneliti untuk mereplikasi
dan memperbaiki intervensi, serta bagi praktisi untuk secara penuh dalam menerapkan
intervensi. Meskipun deskripsi menyeluruh, komponen dasar penting dalam
intervensi penelitian dalam pengembangan token ekonomi.
Komentar
Posting Komentar